PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL SUB-TEMA “AKU DAN CITA-CITAKU”

Khasanah, Nur Ni'matul (2020) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL SUB-TEMA “AKU DAN CITA-CITAKU”. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS COMPLETE.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Khasanah, Nur Ni’matul. 2020.Pengembangan Media Pembelajaran Subtema Aku dan Cita-citaku melalui video Berbasis Pendekatan Kontekstual. Tesis. ProgramStudi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Rifqi Aulia Erlangga, M.Hum. Kata Kunci: Pengembangan Media Video, Subtema Aku dan Citacitaku, Pendekatan Kontekstual Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menguraikan kebutuhan pengembangan media video pada subtema Aku dan cita-citaku 2) Menggambarkan pengembangan media video pada pembelajaran tematik berbasis pendekatan kontekstual pada subtema Aku dan Citacitaku 3) Menelaah tingkat efektivitas penggunaan pengembangan media video pada pembelajaran tematik berbasis pendekatan kontekstual pada subtema Aku dan Cita-citaku. Jenis penelitian ini adalah Research & Development dengan menggunakan langkah ADDIE. Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan tentang pengembangan media video berbasis pendekatan kontekstual; Design membuat rancangan produk media video; Development mengembangkan media video yang kemudian mendapat penilaian dari tim ahli guna perbaikan; Implementation mengimplementasikan media video sebagai bahan penunjang pembelajaran; dan Evaluation hasil evaluasi menunjukkan bahwa media video Subtema Aku dan Cita-citaku layak digunakan. Subyek penelitian ini yaitu guru dan siswa MI Reksosari 02 dan SDN Suruh 01. Jumlah subjek penelitian adalah 40 siswa. Jenis instrumen yang digunakan adalah Skala Likert untuk menilai kelayakan video dan soal pretest dan posttest untuk pengumpulan data nilai peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut; 1) Media video dengan pendekatan kontekstual dibutuhkan guru dalam pembelajaran; 2) Media video berhasil dikembangkan dan layak diterapkan dalam pembelajaran dengan perolehan skor 4,86 dari ahli materi dan 4,86 oleh ahli media dan 3) Media video berbasis pendekatan kontekstual terbukti efektif, praktis dan menarik digunakan dalam pembelajaran dan menunjukkan adanya perbedaan antara hasil belajar pada pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan video (uji paired sample t test, p = 0,00 < 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2020 13:23
Last Modified: 19 Jun 2020 13:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8373

Actions (login required)

View Item View Item