PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 1 BANCAK KECAMATAN BANCAK, KABUPATEN SEMARANG, TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Abawiyah, Ulil (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 1 BANCAK KECAMATAN BANCAK, KABUPATEN SEMARANG, TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI 2020 ULIL AWABIYAH REVISI 20052020.pdf

Download (6MB)

Abstract

Awabiyah, Ulil. 2020. Peningkatan Hasil Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 1 Bancak Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang, Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Perbandingan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi perbandingan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Bancak tahun 2020. Hasil belajar matematika di SMP Negeri 1 Bancak masih rendah terbukti dengan nilai peserta didik yang belum mancapai KKM 70. Hal ini dikarenakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik sulit memahami materi yang disampaikan. Selain itu peserta didik juga mengalami kesulitan untuk menghafal rumus-rumus matematika. Rumus matematika sebenarnya lebih simpel dan mudah dihafal dari pada rumus-rumus lainnya namun, peserta didik masih tetap mengalami kesulitan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perbandingan pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Bancak Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang, Tahun Pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang didalamnya terdapat dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Bancak yang berjumlah 33 meliputi 15 laki-laki dan 18 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman observasi, soal tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan presentase, apabila presentase peserta didik tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Bancak Tahun Pelajaran 2019/2020. Pembelajaran di kelas berlangsung dengan sangat menarik, peserta didik di kelas maerasa sangat nyaman dan senang dengan model Pembelajaran tersebut. Peningkatan peserta didik pun juga sangat memuaskan, dilihat dari hasil tuntas belajar dari pra siklus ke siklus I 23% dan siklus I ke siklus II 30%, hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pra siklus 42% tuntas belajar, siklus I 61% peserta didik tuntas belajar, dan siklus II 91% tuntas belajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2020 15:32
Last Modified: 25 Jun 2020 03:11
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8381

Actions (login required)

View Item View Item