Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Pemanfaatan Majalah Dinding dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Tahun 2019/2020

, Isna Finandri (2020) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Pemanfaatan Majalah Dinding dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Tahun 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ISNA FINANDRI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa sehingga dapat memenuhi target pencapaian KKM materi menulis karangan deskripsi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo dengan pemanfaatan majalah dinding. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, tes evaluasi menulis deskripsi. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik dengan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada kelas IV materi menulis karangan deskripsi. Terbukti dengan adanya peningkatan hasil pra siklus sebelum dilakukan tindakan, siswa mencapai ketuntasan hanya 16,66% dengan rata-rata nilai pra siklus 54,79, sedangkan pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 62,50% dengan rata-rata nilai 67,70, siklus II mencapai ketuntasan sebesar 87,5% dengan rata-rata nilai 74,58. Pencapaian hasil elajar pada siklus terakhir menunjukkan bahwa target pencapaian indikator keberhasilan sudah terpenuhi yaitu 87,50% dari total keseluruhan siswa yang tuntas belajar dari target indikator keberhasilan >85%. Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo dinyatakan berhasil meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa untuk mencapai KKM >70.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2020 11:06
Last Modified: 02 Jul 2020 06:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8393

Actions (login required)

View Item View Item