PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM

Rahmawati, Anik (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, Anik. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran IPA subtema Komponen Ekosistem. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Maslihatul Umami, M.A. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Macromedia Flash Pembelajaran pada Kurikulum 2013 yang seharusnya berpusat pada siswa, namun kenyataannya masih berpusat pada guru, media pembelajaran yang digunakan kurang menarik, guru belum pernah mengembangkan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada mata pelajaran IPA subtema komponen ekosistem, dan hasil belajar siswa siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran berbasis macromedia flash pada mata pelajaran IPA subtema komponen ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan langkah ADDIE. Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan tentang pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash; Design membuat rancangan produk media pembelajaran berbasis macromedia flash; Development mengembangkan media pembelajaran yang kemudian mendapat penilaian dari tim ahli guna perbaikan; Implementation mengimplementasikan media pembelajaran berbasis macromedia flash sebagai media penunjang pembelajar; dan Evaluation hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada mata pelajaran IPA subtema komponen ekosistem layak digunakan. Jumlah subjek penelitian adalah 28 siswa. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Jenis instrumen yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Proses pembelajaran yang terdapat di lapangan masih bersifat teacher- center, padahal siswa lebih tertarik belajar menggunakan hal-hal baru, sehingga guru membutuhkan media pembelajaran yang kreatif, menarik, dan inovatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 2) bentuk pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada mata pelajaran IPA subtema komponen ekosistem melalui langkah analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi; dan 3) pengembangan media pembelajaran tersebut terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada taraf signifikansi 5% diperoleh t-tabel = 0.68404. Karena thitung > ttabel atau 6.078 > 0.68404 dan Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima . Peningkatan hasil belajar juga dapat dilihat dari rata-rata hasil pre tes 64, 28 dengan pesentase 54% siswa tuntas belajar dan hasil dari post tes dengan nilai rata-rata 83, 93 dengan persentase sebesar 82% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2020 19:45
Last Modified: 08 Jul 2020 06:14
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8397

Actions (login required)

View Item View Item