PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH KARANGPAKEL BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

BAHRUDIN, M (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH KARANGPAKEL BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Naskah Skripsi M. Bahrudin (23040160143).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Bahrudin, M. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Peredaran Darah Pada Manusia Menggunakan Model Guided Discovery Learning Pada Siswa Kelas V MI Islamiyah Karangpakel Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, dan Model Guided Discovery Learning. Hasil belajar IPA di V MI Islamiyah Karangpakel Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM ?70. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional. Guru cenderung memberikan materi yang ada pada buku pedoman, menyampaikan lembar demi lembar pada siswa. Dengan kata lain, siswa kurang tertarik terhadap pelajaran sehingga materi yang disampaikan oleh guru mudah terlupakan. Pendalaman konsep berkurang, dan siswa tidak mendapatkan kesempatan untuk menggali yang ingin atau harus siswa ketahui. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah Model guided discovery learning dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA materi peredaran darah pada manusia pada siswa Kelas V MI Islamiyah Karangpakel Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2019/2020 penelitian ini untuk mengetahui Model guided discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi peredaran darah pada manusia pada siswa Kelas V MI Islamiyah Karangpakel Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V MI Islamiyah Karangpakel Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran IPA tentang materi peredaran darah pada manusia diperoleh bahwa dengan menggunakan model guided discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Islamiyah Karangpakel. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang tuntas pada pra siklus adalah sebanyak 9 siswa (37,5%) dengan nilai rata-rata kelas 55,83. Pada siklus I meningkat menjadi 16 siswa (66,7%) dengan nilai rata-rata kelas 72,83. Pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa (87,5%) dengan nilai rata-rata 85,75.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2020 19:47
Last Modified: 21 Jun 2020 05:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8398

Actions (login required)

View Item View Item