PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM RANAH AFEKTIF (SEPPA) BERBASIS WEBSITE TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH

Firdausi, Luzarrit (2020) PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM RANAH AFEKTIF (SEPPA) BERBASIS WEBSITE TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH.

[img] Text
PUBLIKASI ILMIAH-LUZARRIT FIRDAUSI-12010170013.pdf

Download (486kB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan aplikasi SEPPA dan efektifitasnya bagi peningkatan kompetensi paedagogic guru. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan subjek penelitian guru pada Madrasah Tsanawiyah. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru tingkat Madrasah Tsanawiyah. Hasil penelitian ini sebagai berikut: hasil uji validasi aplikasi SEPPA ini untuk ahli teknologi diuji berdasarkan kaidah media, tata laksana, dan kaidah software memperoleh rata-rata nilai 2,92 (layak) untuk digunakan; penilaian pakar pendidikan/materi dinilai berdasarkan relevansi media dengan mendapatkan nilai 3,25 (sangat layak); uji coba produk dilaksanakan 3 kali uji coba, yaitu: uji coba perorangan dengan skor 3,48; uji coba kelompok dilakukan memperoleh rerata skor 3,52; uji coba diperluas dilaksanakan memperoleh rata-rata skor 3,55; serta uji efektifitas terhadap aplikasi SEPPA berbasis Website dengan uji t 4,788 maka dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi Sistem Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Ranah Afektif (SEPPA) berbasis Website efektif digunakan untuk evaluasi pembelajaran. Kata Kunci: aplikasi, evaluasi pembelajaran PAI, afektif, Website Abstract: The purpose of the research is to find out suitable development and effectivenees of SEPPA application for teachers. The methodology of this research is Research and Development and the subjects are teachers of Islamic Junior High School (MTs). The data collection uses interview technique, questionnaire and documentation. The subject of the research is teachers in Islamic Junior High School (MTs). The result of this research are as follows the result of validation test of SEPPA for professional is tested based on media principle governace and software principle wich earn an average 2.92 or suitable to use; the assessment from professional is based on media relevance that earn an average 3.25 or very suitable to use; the subjects of the research for first trial test an average was 3.48; the second trial test with intermediate group with an average 3.52; the third trial test there with an average 3.55; and the test of effectiveness of SEPPA application (Sistem Evaluasi Pembelajaran PAI Ranah Afektif) Website-based , there from t test get value score of 4.788. So, with this result that SEPPA application (Sistem Evaluasi Pembelajaran PAI Ranah Afektif) Website-based effectively used for learning evaluation. Keywords: Application, Islamics Education’s learning evaluation, affective, Website

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2020 14:25
Last Modified: 21 Jun 2020 14:25
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8405

Actions (login required)

View Item View Item