Analisis Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Berdasarkan Taksonomi TIMSS

COLIS, NUR (2020) Analisis Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Berdasarkan Taksonomi TIMSS. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Nur Colis Tadris Matematika IAIN Salatiga (wecompress.com).pdf

Download (7MB)

Abstract

Colis, Nur. 2019. Analisis Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Berdasarkan Taksonomi TIMSS. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Ujian Nasional, TIMSS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persebaran dimensi konten dan dimensi kognitif pada soal ujian nasional matematika SMP/MTs tahun pelajaran 2005/2006-2018/2019, dan mengetahui kesesuaian soal ujian nasional matematika SMP/MTs berdasarkan pedoman pemerintah dan taksonomi TIMSS. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan pengumpulan data dengan analisis dokumen. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi oleh ahli melalui Online FGD(Focus Group Discussion). Hasil penelitian sebagai berikut: 1. Analisis soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2005/2006-2018/2019 berdasarkan taksonomi TIMSS mendapatkan hasil bahwa persebaran persentase dimensi konten dan dimensi kognitif masih belum sesuai dengan TIMSS Assesment Framework. Pada dimensi konten, persebaran soal didominasi oleh domain geometri sementara domain data dan peluang memiliki persebaran soal yang sangat sedikit. Kemudian untuk domain aljabar dan bilangan cukup mendekati proporsi yang telah ditentukan oleh TIMSS. 2. Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs terhadap lingkup materi yang ditetapkan pemerintah tidak diberikan prosentase pembagian materi yang jelas sedangkan untuk level kognitif pemerintah didapat hasil yang berbeda jauh dengan hasil temuan peneliti berdasarkan taksonomi TIMSS dikarenakan terdapat perbedaan pendefinisian pada level kognitif pemerintah dengan domain kognitif TIMSS. Ada soal yang termasuk level kognitif aplikasi menurut pemerintah akan tetapi soal tersebut termasuk domain knowing berdasarkan taksonomi TIMSS. Kesesuaian soal UN Matematika dari tahun pelajaran 2005/2006 hingga 2018/2019 terlihat ada peningkatan persentase dari tahun ke tahun mendekati proporsi yang sesuai TIMSS Assesment Framework.. Hal ini terlihat pada persentase masingmasing domain mendekati proporsi yang ditetapkan TIMSS baik pada dimensi konten maupun dimensi kognitif.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2020 09:57
Last Modified: 22 Jun 2020 09:57
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8419

Actions (login required)

View Item View Item