INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SMP N 1 LENDAH KABUPATEN KULON PROGO D.I. YOGYAKARTA TAHUN 2020

NUGROHO, BAGUS SETYO (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI SMP N 1 LENDAH KABUPATEN KULON PROGO D.I. YOGYAKARTA TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi_bagus_final[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nugroho, Bagus Setyo. 2020. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Kepribadian Muslim Siswa di SMP N 1 Lendah Kabupaten Kulon Progo D.I.Yogyakarta Tahun 2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Hammam, M.Pd. Ph.D. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Kepribadian Muslim Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk membentuk kepribadian muslim siswa di SMP N 1 Lendah Kabupaten Kulon Progo D.I. Yogyakarta tahun 2020. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam untuk membentuk kebribadian muslim siswa di SMP N 1 Lendah Kabupaten Kulon Progo D.I. Yogyakarta tahun 2020. Jenis penelitian skripsi ini penelitian lapangan (field research) kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni pengamatan dan wawancara pada kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru, peserta didik, dan sumber sekunder yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam untuk membentuk kepribadian siswa di SMP N 1 Lendah melalui beberapa kegiatan-kegiatan yang secara garis besar terbagi menjadi dua bagian, yaitu melalui kegiatan intrakuikuler dan ekstrakulikuler. Kegiatan intrakulikuler dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran di kelas. Adapun kegiatan ekstrakulikuler, diantaranya: ekstarakulikuler keislaman seperti seni baca Al-Qur’an, PMR, dan pramuka. (2) Faktor pendukung dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam untuk membentuk kepribadian muslim siswa di SMP N 1 Lendah diantaranya: a. adanya tata tertib sekolah yang bersifat tertulis dan mengikat. Seluruh siswa harus mentaati tat tertib yang ada. b. adanya kerjasama dari pihak sekolah, karyawan, dan para guru untuk membina dan membimbing siswa agar berkepribadian muslim.c. adanya kegiatan ekstrakulikuler keagamaaan. d. sarana dan prasarana yang memadai. e. adanya regulasi dari pemerintah. Faktor penghambat dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam untuk membentuk kepribadian muslim siswa di SMP N 1 Lendah, diantaranya: a. Faktor yang datang dari siswa sendiri. b. disorientasi fungsi keluarga. c. pengaruh lingkungan pergaulan baik di sekolah maupun di rumah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2020 10:38
Last Modified: 22 Jun 2020 03:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8429

Actions (login required)

View Item View Item