HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN HASIL BELAJAR FIQIH KELAS IX SEMESTER 1 MTs MA’ARIF WALISONGO SIDOWANGI, KAJORAN, MAGELANG TAHUN 2020

Suprihatiningtyas, Tantri (2020) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN HASIL BELAJAR FIQIH KELAS IX SEMESTER 1 MTs MA’ARIF WALISONGO SIDOWANGI, KAJORAN, MAGELANG TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi 2020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Suprihatiningtyas, Tantri. 2020. Hubungan Antara Penggunaan Media Audio Visual dengan Hasil Belajar Fiqih Kelas IX Semester 1 MTs Ma’arif Walisongo Sidowangi, Kajoran, Magelang Tahun 2020. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dra. Hj.Siti Farikhah, M.Pd. Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Belajar Fiqih Tujuan Penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pengunaan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih pada siswa MTs Ma’arif Walisongo Sidowangi Kec. Kajoran Kab. Magelang Tahun 2020. 2). Untuk mengetahui hasil belajar fiqih pada siswa MTs Ma’arif Walisongo Sidowangi Kec. Kajoran Kab. Magelang Tahun 2020. 3). Untuk mengetahui hubungan penggunaan media audio visual dan hasil belajar fiqih pada siswa MTs Ma’arif Walisongo Sidowangi Kec. Kajoran Kab. Magelang Tahun 2020. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah hubungan atau korelasi. Penelitian kuantitatif dalam melihat hubungan variabel terhadap objek yang diteliti lebih bersifat sebab-akibat (kausal), sehingga dalam penelitiannya ada variabel independen dan dependen. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini adalah Kuesioner, Dokumentasi, Wawancara dan Observasi. Analisis data menggunakan Product Moment dari Karl Pearson untuk mengetahui hubungan penggunaan antara media audio visual dan hasil belajar fiqih kelas IX MTs Ma’arif Walisongo Sidowangi Kec. Kajoran Kab. Magelang Tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran fiqih MTs Ma’arif Walisongo: 1). Kategori (A) baik sekali sebanyak 43 orang atau 63,24%, 2). Kategori (B) baik sebanyak 11 orang atau 16,18%, 3). Kategori (C) cukup sebanyak 6 orang atau 8,82% dan 4). Kategori (D) kurang sebanyak 8 orang atau 11,77%. Hasil belajar fiqih MTs Ma’arif Walisongo menunjukkan: 1). Kategori A (Sangat Baik) sebanyak 24 atau 35,29%, 2). Kategori B (Baik) sebanyak 21 atau 30,88% dan 3). Kategori C (Cukup) sebanyak 23 atau 33,83%. Hubungan penggunaan media audio visual dan hasil belajar fiqih di MTs Ma’arif Walisongo Sidowangi Kec. Kajoran Kab. Magelang Tahun 2020 sangat positif dan signifikan, terbukti pada N=68 dengan r observasi (hitung) = 0,392 > r tabel 0,306. maka dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya hasil belajar fiqih kelas IX MTs Ma’arif Walisongo Sidowangi Kab. Magelang sangat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya pengunaan media audio visual.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2020 11:26
Last Modified: 22 Jun 2020 04:43
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8440

Actions (login required)

View Item View Item