ANALISIS PROSEDUR PEMBUKAAN REKENING DAN TEKNIK PERHITUNGAN BAGI HASIL TABUNGAN MABRUR DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP BANYUMANIK

Aslikhah, Novi Nur (2015) ANALISIS PROSEDUR PEMBUKAAN REKENING DAN TEKNIK PERHITUNGAN BAGI HASIL TABUNGAN MABRUR DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP BANYUMANIK. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Novi.nur.20112005.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah prosedur pembukaan rekening Tabungan Mabrur, bagaimana teknik perhitungan bagi hasil yang diterapkan, serta untuk mengetahui perkembangan produk Tabungan Mabrur. Penulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Maka dari penelitian ini dihasilkan temuan penelitian yang menunjukan prosedur pembukaan rekening Tabungan Mabrur yaitu dengan syarat identitas diri berupa KTP/SIM dan NPWP serta mengisi formulir pembukaan rekening yang disediakan, apabila saldo nasabah telah mencapai Rp. 25.100.000,- maka nasabah akan mendapatkan notifikasi untuk segera mendaftarkan diri ke Kementrian Agama sesuai domisili tempat tinggal dan kemudian bank mendaftarkan melalui SISKOHAT untuk mendapatkan bukti BPIH. Dalam teknik bagi hasil yang diterapkan BSM adalah dengan metode perhitungan saldo rata-rata harian nasabah dengan pembagian nisbah bagi hasil 25% untuk nasabah dan 75% untuk bank.. Besaran bagi hasil yang diterima nasabah berdasarkan pada besar kecilnya pendapatan bank. Perkembangan produk Tabungan Mabrur mengalami fluktuasi dalam 3 tahun operasionalnya, jumlah nasabah meningkat hampir 50% pada tahun ketiganya, namun mengalami penurunan jumlah tabungan yang disebabkan oleh berkurangnya jumlah setoran nasabah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2016 04:28
Last Modified: 13 Jun 2016 04:28
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item View Item