IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

BASTIAN, MUHAMAD AGUS (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI BASTIAN FIX PDF NEW.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bastian, Muhamad Agus. 2020. Implementasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci : Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Nilai-Nilai Karakter melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, serta Faktor penghambat dan juga Pendukung Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Karakter di SMP N 2 Tengaran. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi nilai-nilai karakter melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) Mengeratahui faktor-faktor pendukung dan juga penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Tengaran. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif yang teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi, sedangkan subyek penelitian ini adalah guru serta siswa di SMP N 2 Tengaran. sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai karakter melalui pembelajaran PAI sudah berjalan dengan baik melalui pembelajaran praktek seperti sholat dhuha, sholat dhuhur, hafalan juz ‘amma, juga melalui rutinitas membaca Asmaul Husna dan tugas mandri maupun kelompok. Adapun faktor pendukung dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter meliputi lingkungan sekolah yang baik, tata tertib, serta sinegritas antar guru dan juga kamunikasi yang baik antar guru dan siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter meliputi kurangnya jam pelajaran PAI guna memaksimalkan pembelajaran teori dan praktek, serta kurangnya pengawasan diluar sekolah yang akan berdampak pada kebiasaan siswa yang telah di ajarkan di sekolah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 09:13
Last Modified: 23 Jun 2020 02:32
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8480

Actions (login required)

View Item View Item