PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 6 MATERI PENGARUH INTERAKSI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V MI IMAM PURO PUCANGAGUNG KECAMATAN BAYAN KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

AYUPUTRI, ANNISA RATNA (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 6 MATERI PENGARUH INTERAKSI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V MI IMAM PURO PUCANGAGUNG KECAMATAN BAYAN KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ANNISA RATNA AYUPUTRI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ayuputri, Annisa Ratna. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS (Tema 6) Materi Pengaruh Interaksi Manusia terhadap Lingkungannya melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share dengan Media Gambar pada Siswa Kelas V MI Imam Puro Pucangagung Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Think Pair and Share, Media Gambar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V MI Imam Puro Pucangagung Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo dengan rata-rata kelas pada pembelajaran IPS adalah 63,57. Secara klasikal juga belum memenuhi target pencapaian target Kriteria Ketuntasan Klasikal yaitu ?85%. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar pada pra siklus yang menunjukkan bahwa hanya terdapat 3 dari 14 siswa yang hasil belajarnya tuntas dengan presentase 21,42%. Pembelajaran yang masih konvensional, siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran, serta kemampuan menghafal yang lebih dominan membuat hasil belajar IPS khususnya pada aspek kognitif cenderung rendah. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi peningkatan hasil belajar IPS Tema 6 materi Pengaruh Interaksi Manusia terhadap Lingkungannya melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair and Share pada Siswa kelas V MI Imam Puro Pucangagung, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi di setiap siklusnya. PTK ini dilaksanakan dengan tiga siklus. Siklus I dilaksanakan pada 9 Maret 2020, siklus II pada 11 Maret 2020, dan siklus III pada 13 Maret 2020. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 14 siswa kelas V MI Imam Puro Pucangagung, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo dengan jumlah 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share dan media gambar dapat meningkatkan hasil siswa. Peningkatan terjadi selama pra siklus sampai siklus III. Peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 28,58%, siklus I ke siklus II sebesar 21,42%, dan siklus II ke siklus III sebesar 21,43%. Pada pra siklus, terdapat 3 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 63,57. Pada siklus I, terdapat 7 siswa yang tuntas dengan nilai rata 75,71. Pada siklus II, terdapat 10 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,07. Pada siklus III, terdapat 13 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 85.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 09:19
Last Modified: 23 Jun 2020 09:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8482

Actions (login required)

View Item View Item