UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENTS HAVE DENGAN MEDIA PAPAN TANYA JAWAB PADA SISWA KELAS V MI PAKIS KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SHOLOKHAH, HANDAYANI MAR'ATUS (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENTS HAVE DENGAN MEDIA PAPAN TANYA JAWAB PADA SISWA KELAS V MI PAKIS KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Handayani M.S(23040150162).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sholihah, Handayani Mar’atus. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan SosialMateri Proklamasi Kemerdekaan Melalui Strategi Question Students Have Dengan Media Papan Tanya JawabPada Siswa Kelas V MI Pakis Kecamatan BringinKabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si Kata Kunci: Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial; Question Students Have Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas V B MI Pakis tahun 2019/2020 serta belum terpenuhinya target capaian ketuntasan secara klasikal. Rendahnya hasil belajar siswa dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas yaitu 65,4. Secara klasikal juga belum memenuhi target pencapaian KKM/KBM kelas sebesar 85%. Hal ini dibuktikan dari hasil Pra Siklus dengan ketuntasan belajar hanya 7 siswa atau sebesar 41,18% dari jumlah keseluruhan 17 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM/KBM materi proklamasi kemerdekaan pada kelas V B MI Pakis menggunakan strategi question students have dengan media papan tanya jawab. Strategi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2020 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2020. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Proklamasi Kemerdekaan Melalui Strategi Question Students Have Dengan Media Papan Tanya Jawab Pada Siswa Kelas V MI Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020” dinyatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil belajar setiap siklus. Peningkatan pra siklus ke siklus I dari 65,4 menjadi 73,4 dengan peningkatan 8,0. Siklus I ke siklus II dari 73,4 menjadi 86 terjadi peningkatan 12,6. Terpenuhinya target pencapaian KKM lebih dari 85% juga terbukti dari kenaikan presentase tiap siklus yaitu dari pra siklus ke siklus I dinyatakan tuntas 7 siswa (41,18%) menjadi 11 siswa (64,71%) dengan peningkatan 4 siswa (23,53%) dan siklus I ke siklus II yaitu 11 siswa (64,71%) menjadi 15 siswa (88,24%) dengan peningkatan 4 siswa (23,53%).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 10:11
Last Modified: 23 Jun 2020 04:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8490

Actions (login required)

View Item View Item