PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA KERTAS LIPAT PADA SISWA KELAS V MI M’ARIF TARBIYATUL ISLAMIYAH NOBOREJO TAHUN AJARAN 2019/2020

Aini, Lutfiyati Nur (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA KERTAS LIPAT PADA SISWA KELAS V MI M’ARIF TARBIYATUL ISLAMIYAH NOBOREJO TAHUN AJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Lutfiyati Nur 'Aini (23040150148).pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar materioperasi hitung pecahan kelas V MI Ma?arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejo Tahun2019/2020. Hasil belajar siswa masih dibawah target ketuntasan minimal yaitu 70,hal ini diketahui dari nilai rata-rata kelas yaitu 61,81 dengan 10 siswa (45%) yangtelah mencapai KKM dari 22 siswa. Penyebab rendahnya hasil belajar yaitukurang efektifnya pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM materi operasihitung pecahan pada kelas V MI Ma?arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejomenggunakan pendekatan matematika realistik dengan kertas lipat.Strategi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang terdiri dari beberapa langkah. Langkah-langkah tersebut adalahperencanaan, pelakasanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam duasiklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pedekatan matematikarealistik dengan media kertas lipat dapat meningkatkan hasil belajar matematikamateri pecahan pada siswa kelas V MI Ma?arif Tarbiyatul Islamiyah Noborejotahun pelajaran 2019/2020. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 15siswa atau 68% dengan rata-rata kelas 66,81. Adapun pada siklus II siswa yangtelah mecapai KKM adalah 19 siswa atau 86% dari 22 siswa dengan tata-ratakelas 75. Sehingga penggunaan pendekatan matematika realistik dengan kertaslipat dapat memenuhi target pencapaian KKM pada mata pelajaran matematikamateri pecahan pada siklus II dengan peresentase ketuntasan sebanyak 86%dengan siswa yang tuntas mencapai 19 siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 10:29
Last Modified: 23 Jun 2020 06:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8494

Actions (login required)

View Item View Item