PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHOLAT SUNNAH MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DAN TRUE OR FALSE PADA SISWA KELAS VIII SMP N 3 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Anisa, Khoirul (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHOLAT SUNNAH MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DAN TRUE OR FALSE PADA SISWA KELAS VIII SMP N 3 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ANISA-dikompresi[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

Anisa, Khoirul. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Sholat Sunnah Melalui Metode Group Investigation dan Metode True Or False pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Tengaran Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Muh. Hafidz, M.Ag., Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Metode Group Investigation, Metode True Or False Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Group Investigation dan True Or False dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Sholat Sunnah pada siswa kelas VIII SMP N 3 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Langkah yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini yakni wawancara dengan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta melakukan post test. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari tiap siklusnya. Pada pra siklus dari 32 siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa dengan presentase 28,1 %, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 23 siswa dengan presentase 71,9% dan rata-ratanya adalah 61. Setelah pelaksanaan siklus I mengalami sedikit kenaikan. Pada siklus I dari 32 siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa dengan presentase 43,7% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 18 siswa dengan presentase 56,3% dan rata-rata siklus I adalah 66. Karena pada siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan 85%, maka diadakan penelitian siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, dari 32 siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa dengan presentase 87,5%, sedangkan siswa yang masih tidak tuntas sebanyak 4 siswa dengan presentase 12,5% dengan rata-rata siklus II ini adaah 80. Jadi penerapan metode Group Investigation dan True Or False dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Sholat Sunnah pada siswa kelas VIII SMP N 3 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 10:53
Last Modified: 23 Jun 2020 10:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8499

Actions (login required)

View Item View Item