ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA GURU MATEMATIKA DALAM PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI SE KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020

Anggriawan, Yulida (2020) ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA GURU MATEMATIKA DALAM PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI SE KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ANGGRI .pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anggriawan, Yulida. 2020. ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA GURU MATEMATIKA DALAM PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI SE KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Analisis Kemampuan, TPACK, Guru Matematika, Discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada Guru Matematika dalam penerapan Metode Discovery Learning Di SMP Negeri Se Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2020, faktor pendukung guru melaksanakan pembelajaran matematika dalam metode discovery learning dengan menggunakan TPACK, dan faktor penghambat guru melaksanakan pembelajaran matematika dalam metode discovery learning dengan menggunakan TPACK. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Informan dalam penelitian adalah guru matematika di SMP Negeri se Kecamatan Tuntang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) kemampuan guru matematika berdasarkan kinerja dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan TPACK berada pada kategori sedang dengan tingkat relevansi komponen RPP dengan Standar Proses. Berdasarkan hasil analisis maka perlu diberikan pembinaan untuk meningkatkan penguasaan materi TPACK bagi guru. (2) faktor pendukung guru melaksanakan pembelajaran matematika dalam metode discovery learning dengan menggunakan TPACK berupa ketersediaan sumber bahan ajar, tuntutan hasil akhir bukan pada proses pembelajaran, sarana dan prasarana, ketersediaan media, guru partner, keterampilan serta kreatifitas guru dalam mengelola pembelajaran, dan kebijakan kepala sekolah yang dapat mendukung implementasi TPACK. (3) faktor penghambat guru melaksanakan pembelajaran matematika dalam metode discovery learning dengan menggunakan TPACK dipengaruhi oleh kurangnya kemauan guru untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran matematika, seperti silabus, RPP, dan lain-lain. Monoton dalam mengajar, menggunakan metode yang biasa-biasa dan kurang menarik dalam pembelajaran. Kurangnya keinginan guru memikirkan ide konten kreatif dalam pembelajaran matematika.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 13:07
Last Modified: 26 Jun 2020 01:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8511

Actions (login required)

View Item View Item