HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ehwanudin, Muhammad (2020) HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKIPSI FULL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan intensitas bermain game online dengan perilaku keagamaan siswa di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun pelajaran 2019/2020.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hubungan intensitas bermain game online pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. 2) perilaku keagamaan pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. 3) Hubungan intensitas bermain game online dengan perilaku keagamaan siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 250 siswa dengan sampel sebanyak 22 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan motode analisis korelasi Pearson Product Moment untuk mengetahui habungan antara intensitas bermain game online dengan perilaku keagamaan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan 1) intensitas bermain game onlinesiswa kategori sangat baik sebanyak 4 siswa (15%), kategori baik sebanyak 3 siswa (14%), kategori sedang sebanyak 8 siswa (36%), dan ketegori kurang sebanyak 7 siswa (32%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecenderungan nilai yang sering muncul dalam kategori baik dengan sebanyak 3 siswa (14%). 2) perilaku keagamaansiswa kategori sangat baik sebanyak 2 siswa (9%), kategori baik Sebanyak 8 siswa (36%), kategori sedang sebanyak 2 siswa (9%), dan ketegori kurang sebanyak 10 siswa (45%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecenderungan nilai yang sering muncul dalam kategori sangat baik dengan sebanyak 2 siswa (9%). 3) hasil uji hipotesis hubungan antara intensitas bermain game online dengan perilaku keberagamaan siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga tahun 2019/2020 adalah 0,444 nilai ini menunjukan tingkat korelasi sedang selanjutnya dibandingkan dengan nilai rtabel dengan taraf kesalahan 5% adalah 0,404. Ketentuan bila rhitung lebih kecil dari rtabel, maka HO diterima dan HI ditolak, tetapi sebaliknya bila rhitung lebih besar dari rtabel maka HI diterima. Dari hasil tabel diatas bahwa rhitung 0,444 lebih besar dari rtabel 0,404 maka H0 ditolak dan HI diterima artinya ada hubungan antara intensitas bermain game online dengan perilaku keberagamaan siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Nilai koefisien korelasi bernilai positif menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel tersebut searah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 13:33
Last Modified: 23 Jun 2020 13:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8517

Actions (login required)

View Item View Item