IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KEPADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA N 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

, Wahyudi (2020) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KEPADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA N 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Wahyudi_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wahyudi. 2020. Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural Kepada Peserta Didik Melalui Pembelajaran PAI di SMA N 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2020. Skripsi, Salatiga,Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : H. Muhammad Aji Nugroho, Lc. M. Pd.I. Kata kunci : Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural, Pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai pendidikan multikultural tentang nilai kemanusiaan, toleransi, keadilan, kepada peserta didik melalui pembelajaran PAI di SMA N 1 Pabelan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif yang berusaha mendeskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode induktif yang digunakan untuk mengelola data kualitatif, dengan prosedur analisis data kedalam tiga langkah meliputi tahap reduksi data, sajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: pertama, guru melakukan perencanaan yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) , kegiatan pembelajarannyaditerapkan baik secara langsung maupun tidak langsung, diajarkan melalui materi yang mengandung nilai kemanusiaan. Menggunakan metode inquiry learning, dilakukan dengan sikap Guru PAI yang mencerminkan sikap kemanusiaan melalui metode keteladanan, dan adanya evaluasi. Kedua,, kegiatan pembelajaran. melalui materi yang mengandung nilai toleransi, menggunakan metode diskusi, metode inquiry learning. dengan metode keteladanan yang mencerminkan nilai toleransi dalam pembelajaran PAI, dan evaluasi. Ketiga, melakukan perencanaan, diajarkan melalui materi yang mengandung nilai keadilan, menggunakan metode diskusi, ceramah, dan metode inquiry learning, dilakukan dengan metode keteladanan yang mencerminkan nilai keadilan, serta diadakan evaluasi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2020 17:34
Last Modified: 23 Jun 2020 10:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8529

Actions (login required)

View Item View Item