PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR PANCA INDRA DAN FUNGSINYA MELALUI STRATEGI STUDENT CENTER LEARNING BERBANTUAN MEDIA PICTURE AND PICTURE PADA SISWA MIM GADING 2 KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Muflikhah, Zidni Irnawati (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR PANCA INDRA DAN FUNGSINYA MELALUI STRATEGI STUDENT CENTER LEARNING BERBANTUAN MEDIA PICTURE AND PICTURE PADA SISWA MIM GADING 2 KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi fix Zidni PGMI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi fix Zidni PGMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Muflikhah, Zidni Irnawati. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Panca Indra Dan Fungsinya Melalui Strategi Student Center Learning Berbantuan Media Picture and Picture Pada Siswa MIM Gading 2 Klaten Utara Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Dra. Siti Farikhah, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Strategi Student Center Learning dan Media Picture and Picture Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA melalui strategi student center learning berbantuan media picture and picture pada siswa kelas IV MIM Gading 2. Masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah apakah strategi student center learning berbantuan media picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi struktur panca indra pada siswa kelas IV MIM Gading 2 Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020? Untuk menjawab dan mengemukakan pernyataan dari pertanyaan tersebut, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIM Gading 2 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Dalam penelitian ini menggunakan strategi student center learning berbantuan media picture and picture dan metode pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, melalui strategi student center learning berbantuan media picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi struktur panca indra dan fungsinya melalui hasil tes tertulis dan juga lembar pengamatan selama pembelajaran berlangsung. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata 70,46 atau 70% dengan 21 siswa yang tuntas dan 9 siswa yang belum tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata 89,7 atau 94,5% dengan 28 siswa yang tuntas dan 2 siswa belum tuntas.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 06:02
Last Modified: 23 Jun 2020 23:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8544

Actions (login required)

View Item View Item