STRATEGI PENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMK MA’ARIF WALISONGO SIDOWANGI KAJORAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rif'aturrobiah, Eva (2020) STRATEGI PENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN DI SMK MA’ARIF WALISONGO SIDOWANGI KAJORAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI FIXS.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rif’aturrobiah, Eva. 2020. Strategi Peningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan di SMK Ma’arif Walisongo Sidowangi Kajoran Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra.Siti Asdiqoh, M.Si Kata Kunci : Strategi, peningkatkan, mutu lemabag pendidikan Salah satu perbedaan suatu bangsa dapat diukur dari tinggi rendahnya mutu lembaga pendidikan, yang mana pendidikan yang bermutu sangat diperlukan dalam upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yang menguasai ilmu pengetahuan, mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup. Untuk itu pendidikan yang bermutu dan peningkatan mutu lembaga pendidikan sangat dibutuhkan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi meningkatkan mutu lembaga pendidikan dan untuk mengetahui hambatan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru dan murid. Proses pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan Trianggulasi data, penulis mengambil peran sebagai pewawancara lagsung kepada narasumber untuk menggali data lebih lengkap. Analisis penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pertama, peningkatkan mutu lembaga pendidikan di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang: 1) Meningkatkan kualitas SDM tenaga pendidikan; 2) Meningkatkan mutu/kualitas peserta didik melalui proses belajar mengajar disekolah; 3) Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana sekolah. Kedua, hambatan dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran Magelang: 1) hampir semua tenaga masih muda dan masih perlu berbenah melalui pelatihan-pelatihan; 2) Regenerasi tenaga kepengurusan untuk mempertahankan kualitas tenaga pendidik; 3) beberapa guru masih kuliah, dan harus mencari guru ganti (badal) atau memberi tugas kepada siswa ketika absen mengajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 09:26
Last Modified: 24 Jun 2020 02:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8552

Actions (login required)

View Item View Item