Penggunaan Aritmatika Sosial oleh Guru SMP Negeri 3 Mertoyudan pada Kehidupan Sehari - Hari dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika Tahun 2020

MUBAROKAH, LAELATUL (2020) Penggunaan Aritmatika Sosial oleh Guru SMP Negeri 3 Mertoyudan pada Kehidupan Sehari - Hari dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika Tahun 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi_Laelatul_Mubarokah pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mubarokah, Laelatul. 2020. Penggunaan Aritmatika Sosial oleh Guru SMP Negeri 3 Mertoyudan pada Kehidupan Sehari- hari Dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika. Pembimbing Mufiq, S.Ag., M.Phil Kata kunci : Aritmatika Sosial, Implementasi Pembelajaran, Guru Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)penggunaan aritmatika sosial oleh guru matematika SMP Negeri 3 Mertoyudan pada kehidupan sehari – hari (2)implementasi penggunaan aritamtika sosial dalam kehidupan sehari – hari (3)faktor pendukung dalam mengimplementasikan pembelajaran aritmatika sosial pada guru matematika SMP Negeri 3 Mertoyudan (4)faktor penghambat dalam mengimplementasikan pembelajaran aritmatika sosial pada guru matematika SMP Negeri 3 Mertoyudan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data yang berasal dari sumber data primer dari hasil wawancara dan observasi. Sumber data yang lainnya diperoleh dari data sekunder yang berasal dari data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini informasi diperoleh dari guru matematika SMP Negeri 3 Mertoyudan. Informan yang terlibat berjumlah 4 orang terdiri dari guru matematika kelas 7, 8 dan 9. Hasil penelitian menunjukkan : Penggunaan aritmatika sosial oleh guru matematika SMP Negeri 3 Mertoyudan pada kehidupan sehari – hari dengan cara jual beli di pasar, kantin sekolah, kantin guru atau usaha milik sendiri (2) Implementasinya pelaksanaan praktik pembelajaran guru menggunakan dua metode,yang metode ceramah dan metode praktik. (3) faktor pendukungnya adalah mampu mengaplikasikan materi aritmatika dan alat peraga yang memadai. (4) sedangkan faktor kendala dalam mengimplementasikan penggunaan pembelajaran aritmatika sosial adalah kurangnya sarana dan prasarana serta motivasi diri, dan adanya rasa malas.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 10:28
Last Modified: 26 Jun 2020 06:21
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8563

Actions (login required)

View Item View Item