ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM ERA PANDEMIC COVID-19 MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NINGRUM, ANITA (2020) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM ERA PANDEMIC COVID-19 MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM ERA PANDEMIC COVID19 MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 20192020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ningrum, Anita. 2020. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Google Classroom Era Pandemic COVID-19 Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: analisis; pembelajaran google classroom; tata surya dan pandemic COVID-19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran google classroom era pandemic COVID-19 materi tata surya, untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran google classroom era pandemic COVID-19 materi tata surya, untuk mengetahui persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran google classroom era pandemic COVID-19 materi tata surya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model alir oleh Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dengan credibility (keterpercayaan), transferability (keteralihan), dependanility (kebergantungan), confirmability (kepastian). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Pembelajaran google classroom era pandemic COVID-19 materi tata surya kelas VII MTs Negeri Salatiga meliputi (a) tujuan pembelajaran materi tata surya ini agar siswa mampu mendeskripsikan komponen tata surya (b) materi pelajaran: guru memberikan materi dengan rinci, (c) media yang digunakan guru berupa gambar, (d) metode yang digunakan metode tanya jawab, (e) strategi mengajar guru dengan menyampaikan poin-poin penting, (f) hasil penilaian pembelajaran google classroom belum berhasil mencapai KKM secara klasikal. (2) Persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran google classroom era pandemic COVID-19 materi tata surya yaitu: (a) materi tata surya materi yang menarik, (b) media gambar dapat memberikan pemahaman kepada siswa. (c) faktor pendukung: motivasi dalam diri siswa,bimbingan orang tua. (d) faktor penghambat: kurangnya manajemen waktu, keadaan rumah yang tidak kondusif, sebagaian siswa masih terkendala akses internet, (e) kelebihan: lebih efektif, siswa dapat belajar secara mandiri, (f) kekurangan: tidak ada praktikum pada materi tata surya (3) Persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran google classroom era pandemic COVID-19 materi tata surya yaitu: (a) media yang paling efektif digunakan video (b) hasil belajar siswa masih rendah, (c) metode tanya jawab hanya 50% siswa yang aktif, (d) faktor penghambat: siswa belum siap dalam pembelajaran digital (e) faktor pendukung: siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran karena menjadi hal yang baru bagi siswa, (f) kelebihan: efektif (g) kekurangan: pemahaman siswa terhadap materi akan berbeda ketika tatap muka secara langsung sebagaimana di gedung sekolah, dan kedisiplinan siswa masih kurang.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 10:31
Last Modified: 24 Jun 2020 03:38
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8565

Actions (login required)

View Item View Item