PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTUAN MEDIA STRIP STORY PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF GEDANGAN TAHUN AJARAN 2019/2020

ULFA, MARYANA (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTUAN MEDIA STRIP STORY PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF GEDANGAN TAHUN AJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Maryana Ulfa 23040160076. PGMI Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ulfa, Maryana. 2020. Peningkatan Hasil Belajar PKN Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Berbantuan Media Strip Story Pada Siswa Kelas III Mi Ma’arif Gedangan Tahun Ajaran 2019/2020. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Juruasan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Khulatul Lutfiah, M.Pd.I. Kata Kunci: Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Pendidikan Kewarganegaraan, Jenis Pekerjaan, Model Inside Outside Circle, Media Strip Story Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi berbagai jenis pekerjaan yang ada dalam masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Oleh karena itu, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa memahami jenis pekerjaan dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas III di MI Ma’arif Gedangan kecamatan Tuntang kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan analisis PraSiklus jumlah siswa yang tuntas 11 atau 42,31% dan 15 siswa atau 57,69% belum tuntas dengan rata – rata nilai 60,73. Pada siklus I mengalami peningkatan, jumlah siswa yang tuntas 18 siswa atau 69,23% dan 8 siswa yang belum tuntas atau 30,77% dengan rata – rata nilai 69,88. Pada siklus II mengalami peningkatan, jumlah siswa yang tuntas 23 atau 88,46% dan 3 siswa yang belum tuntas atau 11,54% dengan rata-rata nilai 80,23. Hal ini membuktikan bahwasanya dengan adanya Model Inside Outside Circle berbantuan Media Strip Story dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III di MI Ma’arif Gedangan kecamatan Tuntang kabupaten Semarang.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2020 11:11
Last Modified: 24 Jun 2020 11:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8570

Actions (login required)

View Item View Item