PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPSMATERI PERJUANGAN MELALUI METODE SQ3R PADA SISWA KELAS V MI AL-MAHMUD KUMPULREJO 01 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nur, Wahidah (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPSMATERI PERJUANGAN MELALUI METODE SQ3R PADA SISWA KELAS V MI AL-MAHMUD KUMPULREJO 01 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Nur Wahidah 11511018.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kenyataan bahwa masih rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga.Oleh karena itu guru diharapkan untuk mencoba suatu metode yang efektif.Metode yang memungkinkan terhadap hasil belajar siswa adalah SQ3R.Masalah yang ingin dijawab pada penelitian ini adalah apakah penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi perjuangan pada siswa kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga? Dan apakah penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan prosentase KKM kelas IPS materi perjuangan pada kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS materi perjuangan pada siswa kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga dan untuk mengetahui peningkatan KKM kelas IPS materi Perjuangan pada siswa kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga.Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Data diambil dari hasil pot test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase = frekuensi : jumlah siswa x 100. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui penggunaan metode SQ3R materi perjuangan melawan penjajah mengalami peningkatan.Pada tahap pra siklus memperoleh nilai rata-rata 49.Pada siklus I nilai rata-rata meningkat 57.Pada siklus II nilai rata-rata meningkat 69 dan pada siklus III meningkat menjadi 85. Penerapan metode SQ3R juga dapat meningkatkan presentase KKM 60 dan 75, pada pra siklus siswa yang mencapai KKM 60 sebanyak 6 siswa atau 25%. Pada siklus I sebanyak 9 siswa atau 37,5%, setelah diadakan tindakan pada siklus II meningkat sebanyak 17 siswa atau 71%. Pada siklus III sebanyak 23 siswa atau 95%. Sedangkan siswa yang mencapai KKM 75 pada siklus I meningkat 21% atau 4 siswa yang semula 1 siswa atau 5%, pada siklus II meningkat 45 % atau 11 siswa. Pada siklus III terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai KKM 75 atau KKM Nasional menjadi 83% atau 20 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil karena hasil siklus III mencapai 95%, artinya 95% > 85% sudah mencapai KKM minimal untuk ketuntasan kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2016 02:20
Last Modified: 18 Aug 2016 02:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item