PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI METODE GUIDE NOTE TAKING DAN MINUTES PAPER PADA SISWA KELAS VIIB SMP MUHAMMADIYAH SURUH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Chasanah, Rifatul (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI METODE GUIDE NOTE TAKING DAN MINUTES PAPER PADA SISWA KELAS VIIB SMP MUHAMMADIYAH SURUH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Chasanah, Rif’atul. (2019). Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Akhlak Terpuji Melalui Metode Guided Note Taking Dan Minutes Paper Pada Siswa Kelas VIIB SMP Muhammadiyah Suruh Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Guide Note Taking, Metode Minutes Paper. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahya prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Suruh pada pembelajaran PAI. Salah satu penyebabnya adalah siswa yang kurang mendengarkan penjelasan guru dan asik bermain-main di dalam kelas. Akibatnya suasana belajar mengajar menjadi tidak kondusif sehingga pada saat diberikan soal evaluasi anak tidak dapat mengerjakan dengan baik. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajarsiswa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif guided note taking yang dipadukan dengan metode minutes paperpada mata pelajaran akidah akhlak dengan kompetensi dasar membiasakan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus yang terdiri dari empat fase di setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data kemampuan kognitif siswa dilakukan melalui tes yang berupa tes pilihan ganda dan tes essay. Sedangkan aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui ketercapaian nilai KKM Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif guided note taking dan Minutes Paper dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 68,75% dari jumlah siswa dan 10 siswa atau 31,25 % dari jumlah siswa yang belum tuntas. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa atau 81,25% dan 6 siswa yang belum tuntas atau 18,75% dari jumlah siswa. Pada siklus III sebanyak 29 siswa atau 90,63% dari jumlah siswa dinyatakan tuntas dan 3 siswa atau 9,37% dari jumlah siswa dinyatakan belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Guide Note Taking dan Minutes Paper pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah Suruh tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 07:29
Last Modified: 25 Jun 2020 01:04
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8593

Actions (login required)

View Item View Item