STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN PADA SISWA DI SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Wahyuningtyas, Diah Reny (2020) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN PADA SISWA DI SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
DIAH RENY WAHYUNINGTYAS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wahyuningtyas, Diah Reny. 2020. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Perilaku Sosial Keagamaan Pada Siswa di SMK Saraswati Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci: strategi guru pendidikan agama Islam, perilaku sosial keagamaan Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan perilaku sosial keagamaan pada siswa di SMK Saraswati Salatiga 2) untuk mengetahui kendala guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan perilaku sosial keagamaan pada siswa di SMK Saraswati Salatiga 3) untuk mengetahui solusi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan perilaku sosial keagamaan pada siswa di SMK Saraswati Salatiga. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitan ini diperoleh melalui hasil interview atau wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dilakukan analisis data dengan cara mendeskripsikan data dari informan, mereduksi data sesuai dengan kebutuhan penelitian, selanjutnya dianalisis oleh peneliti, dan yang terakhir disimpulkan untuk menjawab tujuan dari penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama Islam di SMK Saraswati Salatiga yaitu dengan cara pembiasaan perilaku sosial keagamaan kepada siswa dari siswa masuk ke SMK Saraswati, kemudian dengan memberikan contoh yang baik kepada siswa agar nantinya siswa dapat menerapkan hal-hal yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. Kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam yaitu adanya sebagian siswa yang memiliki rasa tidak ingin tahunya satu dengan yang lain atau sebagian siswa kurang memiliki kesadaran diri dan rasa peduli, kendala yang lain yaitu terdapat pada karakter atau sikap setiap siswa, karena setiap siswa memiliki karakter atau sikapnya masing-masing. Solusi yang diberikan untuk menghadapi kendala yang muncul ketika menanamkan perilaku sosial keagamaan yaitu dengan memberikan teguran secara bertatap muka, kemudian solusi lainnya yaitu dengan memberikan hukuman yang positif seperti meminta agar siswa menghafalkan surah-surah pendek atau menulis doa-doa shalat fardhu, hukuman ini bertujuan agar siswa memiliki rasa jera dan mengajarkan siswa untuk tidak melakukan hal yang salah.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 09:28
Last Modified: 25 Jun 2020 09:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8596

Actions (login required)

View Item View Item