STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB BINA PUTRA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SAPUTRA, ADHE (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB BINA PUTRA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Adhe Saputra_23010160355_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Saputra, Adhe. 2019.Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita Di SMPLB Bina Putra Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Hj. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunagrahita. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalahbagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam anak tunagrahita, apa faktor penghambat dan pendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam anak tunagrahita, serta bagaimana solusi yang diberikan untuk anak tunagrahita dalam menghadapi hambatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB Bina Putra. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data ini diperoleh melalui tringulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi pembelajaran yang digunakan bagi siswa tunagrahita di SMPLB Bina Putra Salatiga berbeda dengan strategi yang digunakan oleh sekolah umum, strategi yang digunakan memiliki ciri khas tersendiri. Materi Pendidikan Agama Islam disederhanakan sesuai kemampuan anak, menggunakan metode pengulangan, materi disampaikan dengan bahasa yang sederhana, ditambah metode tanya jawab untuk menjaga siswa tetap fokus, mengubungkan materi lama dengan baru, menyampaikan urutan materi sesuai kurikulum 2013 yang adaptif, tes dan evaluasi dilakukan sesuai kondisi anak, serta bekerjasama dengan orang tua untuk mengoptimalkan potensi anak, pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi, 2)faktor penghambatnya adalah kondisi mental anak yang tidak seimbang, keadaan emosi anak yang berubah-ubah, kurangnya SDM pengajar terutama untuk Pendidikan Agama Islam, masih kurang sadarnya peranan orang tua, dan faktor pendukungnya adalah adanya alat peraga pembelajaran untuk Pendidiakan Agama Islam, 3) solusi yang ditempuh adalah guru bekerja keras dan sabar membimbing anak, sekolah menyediakan fasilitas penunjang pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 09:31
Last Modified: 25 Jun 2020 09:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8597

Actions (login required)

View Item View Item