IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SOSIAL PADA MAJELIS TAKLIM AL-BAYYAN DESA KRANGGAN KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG TAHUN 2020

Latifah, Ammatullah (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SOSIAL PADA MAJELIS TAKLIM AL-BAYYAN DESA KRANGGAN KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG TAHUN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ACC SKRIPSI AMATULLAH bismillah.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latifah, Amatullah. 2020. Implementasi Pendidikan Sosial pada Jamaah Majelis Taklim Al-Bayyan Desa Kranggan Kecamatan Tersono Kabupaten Batang Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Badrus Zaman, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Sosial, Majelis Taklim Tujuan penelitian ini meliputi dua hal, yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan sosial pada jamaah Majelis Taklim Al-Bayyan Desa Kranggan Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pendidikan sosial pada Majelis Taklim Al-Bayyan Desa Kranggan Kecamatan Tersono Kabupaten Batang tahun 2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendakatan kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan merupakan sumber data nonprobabiliti sampling dengan lebih spesifik yaitu sampling puposivemerupakan teknik pemilihan sampel dengan alasan estimasi tertentu, yang sesuai dengan patokan-patokan kategoris yang digunakan bersandarkan tujuan penelitian. Dengan prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan trangulasi metode. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) Implementasi pendidikan sosial pada jamaah majelis taklim al-Bayyan desa Kranggan kecamatan Tersono kabupaten Batang dilaksanakan oleh satu pengajar tetap dengan menggunakan kitab pegangan Kitab Tafsir al-Bayyan. Pelaksanaan pendidikan pada majelis taklim al-Bayyan terfokus pada sisi akidah jamaah, sehingga menempatkan akidah dan takwa jamaah kepada Allah subahanahuwata’ala menjadi materi pokok dalam setiap pembahasan pendidikan sosial. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan sosial pada majelis taklim al-Bayyan desa Kranggan terdiri dari dua faktor, yaitu faktor eksternal (dari luar) dan faktor internal (dari dalam).Faktor pendukung pendidikan sosial pada majelis taklim terdapat dua aspek. Pertama, faktor internal yaitu berupa ghiroh atau semangat dan motivasi dari pribadi jamaah majelis taklim al-Bayyan. Kedua, faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar pribadi jamaah, di antaranya: metode dan strategi pembelajaran, peran, tanggung jawab serta motivasi pengajar, lingkungan keluarga, dan organisasi masyarakat. Adapun faktor penghambat pendidikan sosial pada majelis taklim al-Bayyan. Pertama, faktor internal berupa keadaan dan suasana hati yang tidak menentu dari jamaah majelis taklim. Kedua, faktor eksternal sebagai berikut: prioritas kesibukan jamaah, tidak adanya pengajar pengganti, lingkungan masyarakat sekitar majelis taklim al-Bayyan yang majemuk akan perspektif.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 09:47
Last Modified: 25 Jun 2020 09:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8600

Actions (login required)

View Item View Item