IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFE SKILL BAGI SANTRIDI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019/2020

Iraddin, (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFE SKILL BAGI SANTRIDI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Ir'addin (23010150067).pdf

Download (4MB)

Abstract

Ir’addin, Ir’addin. 2020. Implementasi Pendidikan Life Skill di Pondok Pesantren Edi Mancoro Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2019/2020. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Miftahuddin, M.Ag Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Life Skill, Pondok Pesantren Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan life skill di Pondok Pesantren Edi Mancoro Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: Pertama, Bagaimana konsep pendidikan life skill di pondok pesantren Edi Mancoro Gedangan, Kabupaten Semarang. Kedua Bagaimana implementasi pendidikan life skill di pondok pesantren Edi Mancoro Gedangan, Kabupaten Semarang. Ketiga, Apa faktor pendukung dan penghambat pendidikan life skill di pondok pesantren Edi MancoroGedangan, Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan pengumpulan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Teknik analisis data menggunakan cara reduksi data, trianggulasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan pertama, bahwa konsep pendidikan life skill di Pondok Pesantren Edi Mancoro tertuang dalam program kerja, yaitu kajian kitab, kajian malam selasa kliwon, kajian KDII, shalat berjamaah, khitobah, pelatihan bahasa (muhadatsah), roan, rebana, bulu tangkis, senam pagi, tata boga, dan pelatihan komputer. Tahap penyusunan program kerja tentang life skill tersebut dilakukan secara partisipatif, meliputi (1) Menyebarkan angket, (2) Menetapkan tujuan pendidikan life skill, (3) Mengidentifikasi kebutuhan. Kedua, bentuk implementasi pendidikan life skill di Pondok Pesantren Edi Mancoro meliputi (1) General SkillyaituPersonal Skill dansocial skill (2) Spesifik Skill yaitu Academic Skill dan Vocational Skill. Ketiga, Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan life skill di pondok pesantren Edi Mancoro antara lain yaitu :Sarana Prasarana, Guru Ahli, Event Perlombaan, Ekstra Kulikuler, Perpustakaan, Semangat Para Santri. Faktor Penghambat meliputi : Manajemen waktu, Finansial atau pendanaan, Kesadaran Santri untuk Berdisiplin.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 10:35
Last Modified: 25 Jun 2020 03:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8606

Actions (login required)

View Item View Item