PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI UANG MELALUI METODESNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS III DI MI SUDIRMAN BARAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPAEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Siti, Nur Tyasmoro (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI UANG MELALUI METODESNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS III DI MI SUDIRMAN BARAN KECAMATAN AMBARAWA KABUPAEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Siti Nur Tyasmoro 11510022.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kenyataan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III MI Sudirman Baran Kec. Ambarawa Kab. Semarang masih tergolong rendah.Oleh karena itu, guru diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pembelajaran yang memungkinkan dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah dengan menggunakan metode snowball throwing. Pertanyaan yang ingin dijawab apakah penerapan metode snowball throwingdapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi uang pada siswa kelas III di MI Sudirman Baran tahun pelajaran 2014/2015 ? Apakah penerapan metode snowball throwing dapat memenuhi target pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) IPS materi uang pada siswa kelas III di MI Sudirman Baran tahun pelajaran 2014/2015? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).PTK terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis data maka kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan metode snowball throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Uang di MI Sudirman Baran Kec. Ambarawa Kab. Semarang. Terbukti pada siklus I dari 37 siswa baru 20 (54,05%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II tercatat 29 (78,37%) siswa yang telah mencapai nilai KKM dan siklus III tercatat 34 (91,01%) siswa telah mencapai nilai KKM yang ditetapkan. Selain itu dapat memenuhi target pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan, terbukti pada siklus III siswa yang mencapai KKM sebesar 91,01% > 85% (standar KKM kelas). Hal tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2016 02:40
Last Modified: 18 Aug 2016 02:40
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item View Item