PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA AGAMA DAN BUDAYA DI NEGERIKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA WAYANG PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Alviani, Mubtadiul (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA AGAMA DAN BUDAYA DI NEGERIKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA WAYANG PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI MUBTADIUL ALVIANI TER REVISI CD-dikompresi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Alviani, Mubtadiul. 2020. Peningkatan Hasil BelajarMateri Keberagaman Suku Bangsa Agama Dan Budaya Di Negeriku Melalui Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Wayang Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra.Hj. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Quantum LearningdanMedia Wayang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar materi Keberagaman suku bangsa agama dan budaya Di Negeriku Melalui Model Quantum Learning Dengan Media Wayang Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020yang terdiri dari 33 siswa yaitu 19 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun Analisis data yang dilakukan adalah mengumpulkan semua data kemudian dianalisis dengan membuat tabulasi persentase yang disajikan dalam bentuk tabel selanjutnya menguji keberhasilan penelitian dengan cara membandingkan hasil pengolahan data dengan indikator keberhasilan setiapsiklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning dengan media wayang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten SemarangTahun Pelajaran 2019/2020. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 21%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan siswa pada Siklus I 67% siswa tuntas belajar, Siklus II 88% siswa tuntas belajar. Guru memberikan remidiasi kepada 12% (4 siswa) yang belum tuntasbelajar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 11:12
Last Modified: 25 Jun 2020 04:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8613

Actions (login required)

View Item View Item