Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII C Mts Assalafi Susukan Tahun Pelajaran 2019/2020

Azizah, Nur (2020) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII C Mts Assalafi Susukan Tahun Pelajaran 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI NUR AZIZAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Azizah, Nur. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII C Mts Assalafi Susukan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, M.phil. Kata Kunci: Hasil belajar; Matematika; Himpunan dan Think Pair Share Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahya hasil belajar siswa kelas VII C MTs Assalafi Susukan pada pelajaran Matematika. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya varian metode yang digunakan oleh guru saat pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VII C MTs Assalafi Susukan Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Assalafi Susukan. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II dilaksanakan sesuai dengan program semester ganjil mata pelajaran Matematika Kelas VII C dengan jumlah siswa 28 anak. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pada prasiklus yang mencapai KKM sekolah yaitu 74 sebanyak 9 siswa atau 32,14 % dengan nilai rata-rata 64. Pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 13 siswa atau 46,42% dengan nilai rata-rata 65,14 dan siklus II yang mencapai KKM sebanyak 24 siswa atau 85,71 %. Nilai rata-rata pada siklus II ini sebanyak 74,25. Dikarenakan pencapaian hasil belajar telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar ?85% maka siklus dihentikan. Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi Himpunan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C MTs Assalafi Susukan tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 11:26
Last Modified: 25 Jun 2020 04:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8617

Actions (login required)

View Item View Item