PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI MENELADANI SIFAT MULIA PARA RASUL ALLAH DENGAN METODE SURVEY QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (SQ4R) DAN MEDIA PUZZLE TREE PADA SISWA KELAS VIII A SMP PGRI PAKIS KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RIFDIYANTI, IFA (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI MENELADANI SIFAT MULIA PARA RASUL ALLAH DENGAN METODE SURVEY QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (SQ4R) DAN MEDIA PUZZLE TREE PADA SISWA KELAS VIII A SMP PGRI PAKIS KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
IFA RIFDIYANTI 23010160073 (PAI).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rifdiyanti, Ifa. 2020. Peningkatan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti matri meneladani sifatv mulia para Rasul Allah dengan metode Survey Quwstion Read Reflect Recite Review (SQ4R) dan media Puzzle Tree pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Pakis tahun ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Gama Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Survey Quwstion Read Reflect Recite Review (SQ4R), Media Puzzle Tree Peneltian ini merupakan upaya dalam meningkatan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti materi meneladani sifat mulia para Rasul Allah siswa kelas VIII A SMP PGRI Pakis. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah metode Survey Quwstion Read Reflect Recite Review (SQ4R) dan media Puzzel Tree dapat meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti materi meneladani siafat mulia para Rasul Allah pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Pakis tahun ajaran 2019/2020. Dikarenakan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti siswa masih terbilang rendah atau masih dibawah KKM yaitu 60, salah satu faktornya yaitu pengunaan metode yang kurang tepat. Sehingga ,metode yang dignakan guru harus diubah sesuai dengan pembelajaran agar mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalahnya adalah : apakah melalui metode Survey Quwstion Read Reflect Recite Review (SQ4R) dan media Puzzel Tree dapat meningkatkan hasil belajar PAI Dan Budi Pekerti materi meneladani sifat mulia para Rasul Allah siswa kelas VIII A SMP PGRI Pakis tahun ajaran 2019/2020 ? Dengan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP PGRI Pakis yang terdiri dari 25 siswa, dimana 7 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data ini diambil dengan mengunakan lembar tes, dokumentasi, lembar observasi (guru dan siswa) dan wawancara. Data analisisnya dilihat dari kriteria ketuntasan klasikal yaitu jumlah siswa yang tuntas belajar dalam satu kelas lebih dari 85% dengan KKM 60. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Survey Quwstion Read Reflect Recite Review (SQ4R) dan media Puzzel Tree mampu meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti materi meneladani sifat mulia para Rasul Allah pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Pakis tahun pelajaran 2019/2020. Dapat dilihat dari hasil pra siklus bahwa siswa yang tuntas KKM hanya 13 siswa dengan presentase 52% dan rata-rata nilai pada prasiklus 60,8. Dilanjut penelitian pada siklus I dengan jumlah siswa yang tuntas KKM yaitu 21 dengan presentase 84% dengan rata-rata nilai 66,7 dan pada siklus II siswa yang tuntas KKM meningkat 25 siswa dengan presentase 100% dan rata-rata nilai 80,72. Dari peningkatan hasil belajar tersebut penelitian tindakan kelas dihentikan di siklus II karena telah mencapai kriteria dan dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti materi meneladani sifat mulaia para Rasul Allah pada siswa kelas VIII A SMP PGRI Pakis tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 11:45
Last Modified: 25 Jun 2020 11:45
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8624

Actions (login required)

View Item View Item