PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN KOMBINASI TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 PABELAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MUFLIKHAH, AINA KHAYATUL (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN KOMBINASI TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 PABELAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Aina Khayyul Muflikhah. T.IPA (23060160009).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Muflikhah, Aina Khayyul. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pernapasan Manusia Melalui Model Quantum Teaching Dengan Kombinasi Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Pabelan, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Istiqlal, M.Pd. Hal yang melatar belakangi penelitian adalah masih terdapat kelas yang mendapat hasil belajar kurang memenuhi KKM akibat kendala yang terjadi di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi Sistem Pernapasan Manusia dan bagaimana penerapan model Quantum teaching dengan kombinasi Team Games Tournament (TGT) di kelas VIII B SMP N 01 Pabelan tahun ajaran 2019/2020, untuk mengatasi kendala yang terdapat di kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK). Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi Peserta Didik, Lembar Observasi Guru, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dan Lembar Soal Penilaian. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 15,305 (rata-rata Suklus I 61, 625 dan rata-rata Siklus II 76,593) dan peningkatan jumlah ketuntasan peserta didik sebesar 56,25% (persentase ketuntasan Siklus I 31,25% dan persentase ketuntasan Siklus II 87,5%). Selain itu, Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dengan kombinasi Team Games Tournament (TGT) dilaksanakan sesuai dengan kerangka pembelajaran Quantum Teaching, yang biasa disingkat TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, Rayakan) yang dikombinasikan dengan pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Pembelajaran (TGT) dimasukkan dalam sintak Namai, dimana peserta didik belajar melalui permainan. Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Quantum Teaching, Sistem Pernapasan Manusia

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 13:10
Last Modified: 25 Jun 2020 06:13
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8628

Actions (login required)

View Item View Item