EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS KENDEL KEMUSU BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ASTARI, MARLINA FITRI (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS KENDEL KEMUSU BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Astari, Marlina Fitri. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Kendel Kemusu Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga : Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Saiful Marom M.Sc. Kata Kunci : efektivitas, number heads together dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika teorema pythagoras peserta didik kelas VIII MTs Kendel Kemusu Boyolali tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif dipakai untuk memahami efektifitas antara variabel bebas yakni model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dengan variabel terikat yakni hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Kendel Kemusu Boyolali sebanyak 44 peserta didik. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji independen sample t test. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII MTs Kendel Kemusu Boyolali tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan uji N-gain diperoleh nilai sebesar 75% yang termasuk dalam kategori cukup efektif (56-75%). Hasil belajar matematika peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilapi p < 0,05 (.000). Jika dilihat dari besar perbedaan rata-rata hasil pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat dari rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 81,36 lebih besar dari nilai rata-rata post test kelas kontrol sebesar 65. Sehingga penerapan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) lebih efektif dari penerapan model pembelajaran konvensional.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2020 13:33
Last Modified: 25 Jun 2020 13:33
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8633

Actions (login required)

View Item View Item