PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MOTION GRAPHIC (MG) MATERI VOLUME BANGUN RUANG

Sahroni, (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MOTION GRAPHIC (MG) MATERI VOLUME BANGUN RUANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sahroni. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Motion Graphic (MG) Materi Volume Bangun Ruang. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Winarno, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika, Motion Graphic, volume bangun ruang. Permasalahan pembelajaran matematika di MI Sunan Pandanaran Yogyakarta khususnya materi volume bangun ruang adalah kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang digunakan sebagai sarana pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Latar belakang penelitian ini didasari oleh perlunya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa MI Sunan Pandanaran Yogyakarta dalam pelajaran matematika khususnya materi volume bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan langkah ADDIE. Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan tentang pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Motion Graphic (MG), Design: membuat rancangan produk media pembelajaran matematika berbasis MG. Development: mengembangkan produk media pembelajaran matematika berbasis MG; Implementation: mengimplementasikan media pembelajaran matematika berbasis MG; Evaluation: mengevaluasi media yang dihasilkan dengan uji efektifitas, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis MG layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jumlah subjek penelitian adalah 20 peserta didik. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Jenis instrument yang digunakan adalah angket pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan pengembangkan media pembelajaran matematika berbasis MG masuk ke dalam kategori layak dan efektif digunakan. Media pembelajaran ini dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan menurut ahli media dengan persentase total sebesar 78,33%, ahli materi dengan persentase sebesar 81,20%. Media pembelajaran ini dinyatakan efektif berdasarkan uji efektivitas dengan hasil uji kelompok kecil dengan persentase total sebesar 87,33% dan uji coba kelompok besar dengan persentase total sebesar 94,56% sedangkan dalam penerapannya mampu meningkatkan nilai rata-rata kelas menjadi 89,56 sehingga media pembelajaran matematika berbasis MG termasuk ke dalam kategori valid, layak dan efektif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:49
Last Modified: 26 Jun 2020 04:49
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8650

Actions (login required)

View Item View Item