PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP AL AZHAR 18 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KHASANAH, ROVIAH NUR (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP AL AZHAR 18 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
AFTER MUNAQOSYAH ROVIAH NUR KHASANAH .pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada materi sistem pernapasan manusia terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Langkah-langkah metode penelitian Quasi Eksperimen yaitu memberikan perlakuan tertentu terhadap variabel terikat tetapi tidak melakukan penugasan secara random melainkan dengan menggunakan kelompok yang sudah ada. Dalam penelitian ini menggunakan desai penelitian yaitu Nonuquivalent Grub Pretest-Posttest Control or Comparasion Grub, dimana pada desain ini terdiri dari dua kelompok yang akan dijadikan sampel yaitu satu kelompok eksperimen yaitu kelas VIII C satu kelompok kontrol yaitu kelas VIII B, masing-masing berjumlah 29 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga pada materi sistem pernapasan manusia. Hal tersebut dapat dilihat dari uji hipotesis menggunakan uji t independent yang menunjukkan adanya pengaruh dengan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < ttabel yaitu 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada materi sistem pernapasan manusia terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2020 08:42
Last Modified: 26 Jun 2020 08:42
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8654

Actions (login required)

View Item View Item