STRATEGI PENDIDIKAN KELUARGA DI LEMBAGA AKADEMI ISTRI DAN IBUNDA SHALIHAH (AISHAH) SALATIGA TAHUN 2019

NURSNTI, (2020) STRATEGI PENDIDIKAN KELUARGA DI LEMBAGA AKADEMI ISTRI DAN IBUNDA SHALIHAH (AISHAH) SALATIGA TAHUN 2019. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi NURSANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nursanti. 2020. Strategi Pendidikan Keluarga di Lembaga Akademi Istri dan Ibunda Shalihah (AISHAH) Salatiga Tahun 2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pendidikan, Keluarga, Akademi Istri dan Ibunda Shalihah. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini ada tiga hal, yaitu: 1) Mengetahui profil orang tua di lembaga Akademi Istri dan Ibunda Shalihah (AISHAH) Salatiga. 2) Mengetahui Strategi pendidikan keluarga di lembaga Akademi Istri dan Ibunda Shalihah (AISHAH) Salatiga. 3) Mengetahui masalah yang dihadapi dalam pendidikan keluarga di lembaga Akademi Istri dan Ibunda Shalihah (AISHAH) Salatiga. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Responden dalam penelitian ini adalah anggota AISHAH yang sudah berkeluarga dan memiliki anak (menjadi ibu). Hasil penelitian ini yaitu profil orang tua bermacam-macam, baik ibu yang bekerja maupun ibu rumah tangga. Strategi pendidikan keluarga menunjukkan bahwa orang tua (ibu) sudah menyadari pentingnya pendidikan keluarga. Orang tua (ibu) mengajarkan pendidikan akidah, akhlak, dan ibadah pada anak dengan menggunakan berbagai macam metode. Pola asuh yang diterapkan oleh mayoritas ibu di lembaga AISHAH yaitu pola asuh inklusif (terbuka). Kendala orang tua (ibu) dalam mendidik anak berasal dari luar (eksternal) maupun berasal dari dalam diri (internal).

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2020 09:02
Last Modified: 26 Jun 2020 09:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8655

Actions (login required)

View Item View Item