PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUANMULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP AL-AZHAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

MAJAPAHIT, IBNU (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUANMULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP AL-AZHAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi Ibnu 9.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Majapahit, Ibnu. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Smp Al-Azhar Materi Pencemaran Lingkungan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Multimedia, Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan pada SMP Al- Azhar Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif semu. Pengambilan sampel dalam ini dilakukan secara purposive sampling yaitu Penelitian dilakukan SMP Al-Azhar Salatiga kelas VII dengan dua kelas yaitu kelas B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 dan kelas C sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah siswa 29. Teknik pengumpulan data menggunakan soal, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi soal, angket dan lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan koefisien korelasi dan regresi linier sederhana. Uji yang digunakan untuk mengetahui pengaruh metode Problem Based Learning (PBL) dengan beberpa uji yang diambil yaitu uji korelasi menunujukan nilai signifikan yaitu 0,031 < 0,05 dan korelasi 0,454, Ini menunjukan bahwa nilai korelasinya sedang. Pada uji regresi linear sederhana, dalam uji tersebut di katakan bahwa adanya pengaruh metode tersebut dengan didukung persentasi data sebesar 18,20%. Sedangkan 71,80% belum terpenuhui disebabkan oleh literatur lain yang tidak diamati oleh peneliti. Pada uji ketuntasan belajar juga menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa di dalam kelas eksperimen tersebut dengan nilai KKM yaitu 75.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2020 10:00
Last Modified: 29 Jun 2020 03:03
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8720

Actions (login required)

View Item View Item