“EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PENDEKATAN PROBING PROMPTING LEARNING BERBANTUAN PUZZLE BATIK PYTHAGORAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020”

ANSHORI, MUH HILAL (2020) “EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PENDEKATAN PROBING PROMPTING LEARNING BERBANTUAN PUZZLE BATIK PYTHAGORAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020”. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi_Muh. Hilal Anshori_Tadris Matematika_23070.pdf

Download (4MB)

Abstract

Anshori, M.H. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dengan Pendekatan Probing Prompting Learning Berbantuan Puzzle Batik Pythagoras Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci :Efektivitas, Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Probing Prompting Learning (PPL) Berbantuan Puzzle Batik Pythagoras, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan pendekatan Probing Promting Learning berbantuan Puzzle Batik Phytagoras terhadap hasil belajar matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 18 Saatiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat quasi experimental (eksperimen semu). Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) atau (X).dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika (Y). Instrumen pengumpulan data meliputi soal tes, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pedoman observasi keterlaksanaan pembelajara. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogen, Uji Paired Sample T-Test, Uji Independen Sample T-Test dn Uji N gain Score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatife tipe Numbered Head Together (NHT) denagn pendekatan Probing Promting Learning (PPL) berbantuan Batik Puzzle Phytagoras lebih efektif dari pada menggunkan model pembelajaran konvensional.Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 78, 73. Sedangkan rata-rata nilai pada kelas kontrol adalah 51, 60. Selain itu pada kelas eksperimen nilai tertinggi mencapai 100, sedangkan pada kelas kontrol 51, 60.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2020 10:53
Last Modified: 09 Jul 2020 06:24
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8724

Actions (login required)

View Item View Item