MANAJEMEN KANTIN KEJUJURAN DALAM UPAYA MENANAMKAN SIFAT SHIDDIQ PADA SISWA SMP NEGERI 9 SALATIGA

Azizah, Rizky Noor (2020) MANAJEMEN KANTIN KEJUJURAN DALAM UPAYA MENANAMKAN SIFAT SHIDDIQ PADA SISWA SMP NEGERI 9 SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi fix..pdf

Download (4MB)

Abstract

Azizah, Rizky N. 2020. Manajemen Kantin Kejujuran Dalam Upaya Menanamkan Sifat Shiddiq Pada Siswa SMP Negeri 9 Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Pembimbing Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen, Kantin Kejujuran, Sifat Shiddiq Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) manajemen kantin kejujuran dalam upaya menanamkan sifat shiddiq pada siswa SMP Negeri 9 Salatiga. 2) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kantin kejujuran di SMP Negeri 9 Salatiga tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan peneliti dan triangulasi sumber data. Tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini penyimpulkan bahwa (1) manajemen kantin kejujuran di SMP Negeri 9 Salatiga masih belum maksimal. Sistem pengelolaan ini meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan/pengawasan, pengendalian/pengevaluasian. Proses perencanaan terdiri dari penentuan tujuan, premberian modal, dan sosialisasi. Proses pengorganisasian terdiri dari guru PAI, pengelola kantin kejujuran, dan siswa. Proses selanjutnya pelaksanaan terdiri dari pembelanjaan barang dagangan, penataan, waktu operasi kantin, peran pengelola serta guru PAI. Proses terakhir pengendalian/pengevaluasian meliputi membuat perincian dari penjualan di kantin. Kalau dulu dilakukan setiap hari, tapi karena kesibukan jam mengajar jadi sekarang satu minggu sekali baru melakukan evaluasi. (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kantin kejujuran SMP Negeri 9 Salatiga meliputi pengelola membatasi jajanan yang akan dijual di kantin kejujuran sebab berbagi dengan kantin yang berdiri sudah lebih dulu, kesadaran siswa masih kurang akan kejujuran dalam membayar jajan yang diambil, ada keluhan dari siswa kalau jajanan yang ada di kantin kejujuran kurang bervarisi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2020 14:08
Last Modified: 30 Jun 2020 14:08
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8762

Actions (login required)

View Item View Item