PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI BARANG BEKAS DITINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus di Pasar Loak Shopping Centre Salatiga)

Khotimah, Khusnul (2015) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI BARANG BEKAS DITINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus di Pasar Loak Shopping Centre Salatiga). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Khusnul.Khotimah.21411009.pdf

Download (991kB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Pasar loak Shopping Centre adalah pasar yang menjual barang-barang bekas di kota Salatiga. Dalam hal ini konsumen berhak mendapatkan kejelasan mengenai spesifikasi tentang barang-barang yang akan mereka beli baik dari segi kualitas, kuantitas maupun harga yang sewajarnya untuk barang tersebut. adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1). Bagaimana praktek jual beli barang bekas di Pasar loak Shopping Centre Salatiga?, (2). Apakah perlindungan konsumen dalam jual beli barang bekas di Pasar loak Shopping Centre Salatiga sesuai dengan hukum Islam?, (3). Apakah perlindungan konsumen dalam jual beli barang bekas di Pasar loak Shopping Centre Salatiga sesuai dengan UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen?. Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui praktek perlindungan konsumen di Pasar loak Shopping Centre. Penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitik. yaitu penelitian dengan mengumpulkan data mengenai persoalan perlindungan konsumen kemudian memaparkan dan menganalisa dengan Hukum Islam dan Hukum Positif di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek jual beli barang bekas menggunakan sistem tawar-menawar, tidak ada garansi barang,dan jika barang tersebut ditukarkan dengan barang lain pada besok harinya maka, harga jual barang tersebut turun dari harga sebelumnya. Adapaun mengenai upaya-upaya perlindungan konsumen, dalam hal ini Pasar loak Shopping Centre Salatiga belum memenuhi unsur-unsur perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli barang bekas, secara hukum Islam seperti: tidak terpenuhinya hak-hak khiyar bagi pembeli yaitu khiyar syarath (Hak pilih dalam persyaratan) dan khiyar ‘aib (Hak pilih karena cacat dan rusak barang) serta tidak dijelaskannya mengenai kualitas barang saat melakukan transaksi jual beli. Sedangkan secara UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, upaya perlindungan konsumen di Pasar loak Shopping Centre melanggar pasal 4 ayat 3, 7 dan 8 yaitu hak untuk informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa (ayat 3), hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif (ayat 7) dan Hak untuk mendapat kompensasi ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya (ayat 8).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2016 10:20
Last Modified: 23 Aug 2016 10:20
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item