Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Melalui Pembiasaan Kerohanian bagi Peserta Didik di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020

PUTRA, NABIL AZAVI (2020) Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Melalui Pembiasaan Kerohanian bagi Peserta Didik di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi nabil fix.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Azavi Putra, Nabil, 2020, Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Melalui Pembiasaan Kerohanian Bagi Peserta Didik di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Ahmad Sultoni, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Pembiasaan Kerohanian Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana program pembiasaan kerohanian yang diikuti oleh peserta didik di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mengetahui bagaimana program pembiasaan kerohanian dapat mengimplementasikan kecerdasan emosional dan spiritual pada peserta didik tersebut, 3) Untuk mengetahui bagaimana faktor penghambat dan pendukung serta upaya mengatasi hambatan dan meningkatkan faktor pendukung pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual melalui pembiasaan kerohanian bagi peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru agama, guru pendamping, orang tua dan siswa dan siswi dan juga sumber data di sekolah yang meliputi observasi dan wawancara. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data ini menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembiasaan kerohanian yang ada di sekolah adalah kegiatan ibadah yang mengandung unsur kecerdasan emosial dan spiritual, seperti sholat, tahfidzul quran, puasa sunnah, kultum, pendampingan ibadah, dan bina pribadi Islam. Peran orang tua dalam mendampingi anak-anak di rumah sangat penting, karena program pembiasaan kerohanian dapat membentuk karakter anak-anak yang sholeh dan bisa mengembangkan tingkat kecerdasan emosional dan spiritual dengan baik. Setiap program pembiasaan kerohanian tersebut memiliki faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya adalah sinergitas antara sekolah, orang tua dan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kemalasan anak-anak dalam menjalankan seluruh program pembiasaan kerohanian tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, sekolah harus mempunyai pendekatan khusus dan pendampingan terhadap anak-anak supaya anak-anak tersebut dapat kembali bersemangat dalam menjalankan program pembiasaan kerohanian tersebut.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2020 13:01
Last Modified: 02 Jul 2020 10:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8796

Actions (login required)

View Item View Item