MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS II MI MA'ARIF TINGKIR LOR SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MUSYRIFA, UMI (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS II MI MA'ARIF TINGKIR LOR SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi umi musyrifa fixx.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Musyrifa, Umi. 2019. Meningkatkan Ketreampilan Menyimak Dongeng Dengan Media Boneka Tangan pada Siswa Kelas II MI Ma’arif Tingkir Lor Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.Institut Agama Islam Negeri Salatiga.Pembimbing : Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata kunci: Keterampilan menyimak dan media boneka tangan Penelitian ini dilatar belakangi oleh kendala dalam pembelajaran menyimak siswa kelas II MI Ma’arif Tingkir Lor, diantaranya ditandai dengan konsentrasi dan daya pemahaman siswa yang masih rendah, ketertarikan dengan pembelajaran menyimak masih kurang, serta kurangnya penggunaan media yang dapat melatih kegiatan menyimak.Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas II MI Ma’arif Tingkir Lor Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan media boneka tangan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II MI Ma’arif Tingkir Lor yang berjumlah 12 anak terdiri dari 6 siswa laki-laki dan6 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester I tahun 2019/2020. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pada prasiklus yang mencapai KKM yaitu 70 sebanyak 2 siswa atau 16,66% dengan nilai rata-rata 57,5. Pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 8 siswa atau 66,67% dengan nilai rata-rata 73,3 dan siklus II yang mencapai nilai KKM sebanyak 11 siswa atau 91,67%. Nilai rata-rata pada siklus II ini sebanyak 82,08. Dikarenakan pencapaian hasil belajar telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar ?85% maka siklus dihentikan.Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran boneka tangan pada materi menyimak dongeng dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Ma’arif Tingkir Lor Salatiga tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2020 13:14
Last Modified: 02 Jul 2020 13:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8797

Actions (login required)

View Item View Item