PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI KUBUS DAN BALOK

inayah, Khoirul (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI KUBUS DAN BALOK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Khoirul Inayah_12020170041_REVISI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kurikulum 2013 dirancang dengan kateristik diantaranya mengembangkan keseimbangan rasa ingin tahu dan kerjasama antara siswa, tapi kenyataannya masih berpusat pada pendidik, bahan ajar yang digunakan juga masih terbatas, Lembar Kerja Peserta didik yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan, dan guru belum mengembangkan bahan ajar berupa modul secara mandiri. Penelitian ini bertujuan:(1)mendeskripsikan kebutuhan pengembangan modul;(2) mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan; dan(3)mengetahui keefektifan, kepraktisan, dan kemenarikan modul dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan Modul Matematika berbasis Discovery Learning; Design merupakan perancangan produk berupa modul; Development merupakan pengembangan modul yang selanjutnya dinilai kelayakannya oleh ahli materi dan media guna perbaikan; Implementation penerapan modul sebagai bahan ajar pembelajaran; dan Evaluation merupakan hasil evaluasi yang menunjukkan bahwa Modul Matematika berbasis Discovery Learning layak digunakan. Jumlah subjek penelitian adalah 22 peserta didik sebagai kelas ujicoba dan 22 peserta didik sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan teknik deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Jenis instrumen yang digunakan adalah angket untuk menilai kelayakan modul, dan soal pretest dan postest untuk pengumpulan data nilai peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan informasi sebagai berikut, (1) modul matematika berbasis discovery learning dibutuhkan guru dalam pembelajaran; (2) modul berhasil dikembangkan layak diujicobakan dalam pembelajaran, terbukti praktis, dan menarik dalam penggunaannya; (3) modul matematika dengan pendekatan kontekstual terbukti efektif, praktis, dan menarik digunakan dalam pembelajaran dan menunjukkan adanya perbedaan antara hasil belajar pada pembelajaran menggunakan modul dengan pembelajaran tidak menggunakan modul (hasil uji independent samples T Test p = 0,041 < 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2020 21:59
Last Modified: 10 Jul 2020 07:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8825

Actions (login required)

View Item View Item