PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI PADA DIRI SENDIRI MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IX A MTS MA'ARIF 3 GRABAG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RAHMAWATI, AJENG (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERPUJI PADA DIRI SENDIRI MELALUI METODE SNOWBALL THROWING DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IX A MTS MA'ARIF 3 GRABAG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI AJENG RAHMAHWATI NEW.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmahwati, Ajeng. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Akhlak Terpuji pada Diri Sendiri melalui Metode Snowball Throwing dan Role Playing pada Siswa Kelas IX A MTs Ma’arif 03 Grabag Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci:Hasil Belajar, Akidah Akhlak, Materi Akhlak Terpuji pada Diri Sendiri, Metode Snowball Trowing dan Role Playing. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajarAkidah Akhlak materi Akhlak Terpuji pada Diri Sendiri menggunakan metode Snowball Throwing dan Role Playing kelas IX A Mts Ma’arif 03 Grabag tahun pelajaran 2019/2020. Ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas IX A belum mencapai 85% sehingga dilakukan penelitian tindakan kelas ini. Subjek dalam penilitian iniberjumlah 34 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki, dan 14 siswaperempuan. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan yaituapakah penerapan metode Snowball Throwing dan Role Playing pada matapelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji pada Diri Sendiridapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX A MTs Ma’arif 03 GrabagTahun Pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu dengan membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Snowball Throwing dan Role Playing meningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX A di MTs Ma’arif 3 Grabag.Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Pada pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 58,8% dan pada siklus I persentase peserta didik yang tuntas adalah 73,5% kemudian pada siklus II persentase peserta didik yang tuntas adalah sebanyak 94,2%. Jadi pada pra siklus ke siklus I ketuntasan meningkat sebesar 14,7% dan dari siklus I ke siklus II ketuntasan meningkat sebesar 20,7%. Berdasarkan hasil tersebut yang telah memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 85%

Item Type: UNSPECIFIED
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2020 07:33
Last Modified: 08 Jul 2020 00:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8840

Actions (login required)

View Item View Item