UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENGHINDARI MINUMAN KERAS, JUDI, DAN PERTENGKARAN MELALUI METODE PROBING PROMPTING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP DARUSSALAM, BERGAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Lutfiany, Liana Atika (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MENGHINDARI MINUMAN KERAS, JUDI, DAN PERTENGKARAN MELALUI METODE PROBING PROMPTING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP DARUSSALAM, BERGAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lutfiany, Liana Atika, 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran Melalui Metode Probing Prompting Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Darussalam, Bergas Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar PAI, Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran, metode Probing Prompting. Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar PAI materi menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran peserta didik kelas VIII A SMP Darussalam, Bergas. Dikarenakan hasil belajar PAI pada materi menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran paserta didik masih terbilang rendah atau dibawah KKM yaitu 75. Sehingga metode yang diterapkan oleh guru harus dirubah disesuaikan dengan pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalahnya adalah: apakah metode Probing Prompting dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAI materi Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran pada peserta didik kelas VIII A SMP Darussalam, Bergas Tahun Pelajaran 2019/2020?. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui apakah metode Probing Prompting dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAI materi Menghindari Minuman Keras, Judi, Pertengkaran pada peserta didik kelas VIII A SMP Darussalam, Bergas Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus penelitian. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII A SMP Darussalam, Bergas yang terdiri dari 30 pesera didik, dimana 9 peserta didik laki-laki dan 21 peserta didik perempuan. Data ini diambil dengan menggunakan lembar tes, dokumentasi, (lembar observasi guru dan peserta didik) dan wawancara. Data analisis dilihat dari kriteria ketuntasan klasikal yaitu jumlah peserta didik tuntas belajar dalam kelas 85% dengan KKM 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Probing Prompting mampu meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti materi Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran peserta didik kelas VIII A SMP Darussalam, Bergas Tahun Pelajaran 2019/2020. Ddilihat dari hasil tahap pra siklus yang tuntas KKM hanya terdapat 7 peserta didik (23,33%). Setelah penelitian siklus I berjalan hasil belajar peserta didik yang tuntas meningkat jumlahnya menjadi 23 (76,67%). Kemudian dilanjutkan dengan penelitian siklus II meningkat menjadi 27 peserta didik tuntas belajar (90%) dan belum tuntas 3 (10%). Dari peningkatan hasil tersebut penelitian tindakan kelas ini dihentikan di siklus II, karena telah mencapai kriteria dan dinyatakan behasil untuk meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti materi Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran pada peserta didik kelas VIII A SMP Darussalam, Bergas Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2020 14:33
Last Modified: 09 Jul 2020 14:33
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8868

Actions (login required)

View Item View Item