PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBANTU ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF SRATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Parmadi, Mei Gita Dewi (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBANTU ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF SRATEN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI MEI GITA DEWI PARMADI 23040160059.pdf

Download (7MB)

Abstract

Parmadi, Mei Gita Dewi. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya melalui Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle berbantu Alat Peraga pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Sraten Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Crossword Puzzle, Alat Peraga, Gaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi gaya dengan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle berbantu alat peraga pada siswa kelas IV MI Ma’arif Sraten tahun pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Sraten yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 70 (sesuai dengan KKM yang diberlakukan di MI Ma’arif Sraten) sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan ketuntasan secara klasikal. Indikator keberhasilan tindakan yaitu ketuntasan individual 70 dan ketuntasan klasikal apabila minimal 85% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle berbantu alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas IV MI Ma’arif Sraten tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra penelitian sebelum menerapkan strategi pembelajaran Crossword Puzzle berbantu alat peraga hanya 5 siswa (31,25%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan masih ada 11 siswa (68,75%) yang belum memenuhi KKM. Selanjutnya pada siklus I ada 8 siswa (50%) yang memenuhi KKM dan ada 8 siswa yang belum memenuhi KKM. Kemudian pada siklus II ada 12 siswa (75%) yang memenuhi KKM dan 4 siswa (25%) yang belum memenuhi KKM. Terakhir pada siklus III ada 14 siswa (87,5%) yang memenuhi KKM dan 2 siswa (12,5%) yang belum tuntas. Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2020 09:44
Last Modified: 15 Jul 2020 03:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8899

Actions (login required)

View Item View Item