PENGARUH LINGKUNGAN FISIK DAN KENYAMANAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI WINDUSARI KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Novianingsih, Dwi Cahyo (2015) PENGARUH LINGKUNGAN FISIK DAN KENYAMANAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI WINDUSARI KECAMATAN WINDUSARI KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Dwi Cahyo Novianingsih_11110008.pdf

Download (584kB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Rumusan Masalah: (1) Bagaimana lingkungan fisik di Madrsah Tsanawi yah Negeri Windusari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Bagaimana kenyamanan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Windusari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015.(3) Bagaimana prestasi belajar fiqh di Madrsah Tsanawiyah Negeri Windusari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015. (4) Apakah terdapat pengaruh lingkungan fisik terhadap prestasi belajar fiqh di Madrasah Tsanawiyah Negeri Windusari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015. (5) Apakah terdapat pengaruh kenyamanan belajar terhadap prestasi belajar fiqh di Madrasah Tsanawiyah Negeri Windusari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015. (6)Apakah terdapat pengaruh lingkungan fisik dan kenyamanan belajar siswa terhadap prestasi belajar fiqh di Madrasah Tsanawiyah Negeri Windusari tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui kondisi fisik MTsN Windusari Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Untuk megetahui tingkat kenyamanan belajar siswa di MTsN Windusari Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar fiqh di MTsN WIndusari Tahun Pelajaran 2014/2015. (4) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan fisik terhadap prestasi belajar fiqh di MTsN Windusari Tahun Pelajaran 2014/2015. (5) Untuk mengetahui pengaruh kenyamanan belajar siswa terhadap prestasi belajar fiqh di MTsN Windusari Tahun Pelajaran 2014/2015. (6) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan fisik dan kenyamanan belajar siswa terhadap prestasi belajar fiqh di MTsN Windusari Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis deskriptif, presentase, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi. Berdasarkan hasil pengujian regresi linier berganda diperoleh nilai R 2 (R Square) sebesar 0,607 yang berarti besarnya kontribusi variable X (independent) terhadap Y (dependent) sebesar 60,7% sedangkan sisanya sebesar 39,3% disumbangkan oleh faktor-faktor yang lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan hasil uji F dengan nilai probabilitas sebesar 0,001<0,05. Apabila lingkungan fisik positif maka prestasi belajar siswa akan meningkat. Demikian pula dengan kenyamanan belajar, apabila siswa dalam menerima materi yang disampaikan guru merasa aman dan nyaman maka prestasi belajar fiqh siswa akan meningkat pula.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:40
Last Modified: 10 Feb 2016 04:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item