ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VII SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017 DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK

Mukaromah, Hisbiatul (2020) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VII SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017 DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI JADI HISBI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mukaromah, Hisbiatul, 2020. Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2017 Ditinjau dari Implementasi Pendekatan Saintifik. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Saiful Marom M.Sc. Kata kunci : Analisis, Buku Teks Matematika, Implementasi Pendekatan Saintifik. Buku teks matematika merupakan bahan ajar mata pelajaran matematika yang disusun secara sistematis berdasarkan Kurikulum 2013 sebagai buku pegangan siswa untuk kelas VII semester 1 dengan tujuan untuk membantu siswa dalam proses belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2017 sudah disajikan sesuai dengan implementasi pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penskoran kesesuaian buku. Sumber data terdiri sumber data primer yaitu Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2017 dan sumber data sekunder yaitu buku yang relevan, jurnal, serta hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data yang digunakan adalah pengkajian isi dokumen (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Teks Matematika Kelas VII Semester 1 sudah disajikan sesuai dengan implementasi pendekatan saintifik dengan presentase 88% atau kategori sangat baik. Implementasi pendekatan saintifik telah tercermin dengan adanya langkah-langkah pembelajaran melalui penerapan 5M (mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, dan mengkomunikasikan) dan model pembelajaran discovery learning, problem based learning, dan project based learning yang telah disajikan pada setiap bab.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2020 11:50
Last Modified: 13 Jul 2020 11:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/8903

Actions (login required)

View Item View Item